Rabu, 10 Oktober 2012

Pentingnya Matematika (Logika)

Barangkali anda pernah melihat helm yang berkualitas motif tertentu. Atau barangkali anda pernah menjumpai sepatu yang  berlukiskan motif tertentu. Helm dan sepatu bermotif lukisan merupakan contoh produk ekonomi kreatif. Suatu produk yang menggabungkan antra alat keselamatan dengan seni lukis. Helm yang semula hanya berfungsi melindungi kepala menjadi karya seni yang indah untuk dinikmati. Helm membut penggunanya menjadi "PeDe". Demikian juga dengan sepatu yang berlukisan motif tertentu fungsinya pun semakin bertambah, tidak sekedar untuk melindungi kaki tetapi sekaligus menyajikan seni yang mudah dinikmati. Bagaimana kedua produk itu bisa tercipta??

Suatu Produk tidak tercipta begitu saja, perlu perenungan yang mendalam. Nah, disinilah peran ilmu MATEMATIKA. Si pembuat helm bermotif, mungkin berhandai-handai begini ; jika helm tanpa lukisan aja laku dijual apalagi jika helm itu diberi lukisan tertentu sangat laku dijual. Jika lukisan pada helm bagus pasti banyak peminatnya. Jika peminatnya banyak tentu ia mendapt banyak keuntungan. Kesimpulanya dengan memberi motif pada helm pendapatanya akan semakin banyak. Dalam contoh di atas, si pembuat helm bermotif menggunakan logika matematika sebelum mewujudkan ide produknya. Tentu masih banyak lagi ilmu matematika yang dapat diterapkan dalm kehidupany, khususnya pada era ekonomi kreatif saat ini.

Matematika tercipta untuk mempermudah kehidupan manusia bukan malah memper sulit kehidupan. Sudah tidak terhitung banyaknya sumbangan matematika dalam setiap era kehidupan manusia. Dari era pertanian, era industrialisasi, era informasi, hingga saat ini pada era ekonomi kreatif matematika tetap berperan penting. Bahkan sampai era kapan pun manusia tetap dapat mengambil manfaat dari matematika. Begitu pentingnya matematika sehingga sudah sepantasnya jika anda mencintai dan mempelajarinya dengan baik untuk bekal hidup di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar