Kamis, 15 Desember 2011

Tips Menjadi Orang Kreatif

Seseorang yang kreatif bukanlah orang yang selalu menemukan hal-hal baru. Orang kreatif adalah orang yang selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda, menemukan dan melakukan cara yang di luar kebiasaan, serta dapat memanfaatkan apa yang ada untuk menjalankan caranya tersebut.
Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi kreatif.
1. Buka mata dan buka telinga
Kemampuan untuk selalu terbuka terhadap berbagai hal akan memberikan energi yang luar biasa untuk mampu mencintai segala sesuatu, termasuk mencintai profesi kita. Mencintai itu harus dilakukan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.
2. Percaya diri
Kemampuan untuk mengenali apa yang menjadi keistimewaan kita merupakan hal terpenting dalam hidup kita. karena itu ada istilah "mempercayai kemampuan kreativitas adna adalah separuh dari sukses itu sendiri". Untuk kreatif kita harus ber"mimpi" besar untuk menggapai sesuatu.
3. Tanamkan semangat belajar
Belajar bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan melalui cara apa saja. Kamu bisa bertanya pada yang ahli, membaca buku, jalan-jalan, menonton film, mengikuti pelatihan dan kursus, seminar, browsing internet, dan banyak lagi.
4. Bergaul dengan orang-orang kreatif
Jika ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah dengan siapa dia berteman. Itu mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya arti seorang teman.
5. Jadilah komunikator yang baik
Saat ini dunia begitu sempit, apa yang terjadi di belahan bumi lain dapat kita ketahui dalam waktu yang singkat. Jadi, untuk menumbuhkan kreativitas kita harus bisa memanfaatkan sarana komunikasi yang ada.
6. Ciptakan lingkungan yang kondusif
Berdasarkan hasil penelitian, untuk menciptakan kreativitas dibutuhkan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan, penuh rasa humor, spontan dan memberi ruang bagi individu untuk melakukan berbagai permainan atau percobaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar